Thursday, January 28, 2016

Kekuraqngan Terbesar Speedcash.co.id: E-Commerce API

Saya sudah puji dan angkat-angkat speedcash.co.id dan bebasbayar.com dalam tiga tulisan sebelumnya. Tetapi dalam tulisan ini saya mau menyatakan bahwa kesempurnaan belum tercapai. Saya belum puas dengan apa yang sisajikan, dari segi fasilitas yang tersedia.

Saya mau, agar satu: API untuk implementasi ke Website e-commerce masih sangat rumit, yang perlu dilakukan Memang sudah ada plugins juga, tetapi saya sudah coba berkali-kali, di banyak situs, khususnya Plugin WordPress tidak begitu berguna karena masih selalu tampilkan "error" di "Cart" toko online saya.

Kalau seandainya saja plugin wordpress.com yang tersedia bisa menampilkan menu "Cart" seperti yang ada di halaman "checkout" yang ada di plasamall.com saya yakin banyak orang akan memanfaatkan produk ini.

Saya sudah menyurati Bebasbayar.com tetapi sampai saat ini belum ada balasan, apalagi solusi.

Saya mau juga agar dua: situs menu Merchant yang ada di speedcash.co.id yang hasil publikasinya tampil di plasamall.com masih belum memuaskan. Dalam menu ini ada dua hal yang perlu saya kritisi. pertama, bahwa untuk mempublikasikan produk saja saya save dan publish beratus-ratus kali, sampai logout, login berulang-ulang, makan bulan, hampir tahun untuk mengupload produk saja.

Kedua setelah di-upload, memang mendapatkan persetujuan agak cepat, bisa beberapa jam, bisa beberapa hari, tetapi lebih cepat daripada proses upload tadi. Ketiga, kode produk yang dihasilkan hanyalah sebuah link. Sebaiknya sebuah kode entah kode "embed" atau kode "php" atau kode "javascript" sehingga mempermudah kita untuk juga mempublikasikannya di situs kami yang lain.

Akhirnya saya mau agar tiga: pengembanga plugins memang bagus, tetapi kalau perlu tindak lanjut. Speedcash.co.id perlu mempermudah pengguna sehingga pengguna dapat dengan mudah lakukan "white-label" domain atau sub-domain.

Singkat kata, kalau saya pemilik speedcash, saya akan secepatnya memboost kecepatan membenahi dan memproduksi plugins dan API sehingga orang hanya dengan "Whie-Label" saja sudah bisa memiliki situs dengan menu-menu persis seperti yang ada di bebasbayar.com

Saya jamin, bebasbayar.com atau speedcash.co.id punya prospek luarbiasa, tetapi perlu orang di lapangan untuk menjadikan produk ini tepatguna dan merakyat, dan pada waktu yang sama tidak ketinggalan dari kecepatan perubahan yang sedang terjadi, khususnya di era MEA ini.

No comments:

Post a Comment